Thursday, November 10, 2016

Troubleshooting Pada Komputer Serta Cara Mengatasinya


Troubleshooting Pada Komputer Serta Cara Mengatasinya




Troubleshooting adalah adanya suatu masalah atau adanya ketidak normalan pada komputer kita. Masalah komputer atau troubleshooting dibagi menjadi 2 troubleshooting hardware dan troubleshooting software.

Troubleshooting hardware biasanya ditandai dengan komputer tidak dapat menyala, monitor mati dan lain sebagainya. Sedangkan troubleshooting software ditandai dengan lambatnya kinerja komputer dan lain-lain. Meski tidak menutup kemungnkinan juga gejala-gejala lambatnya komputer terjadi tidak hanya pada software tetapi juga troubleshooting hardware.

Cara mengatasi troubleshooting standard pada komputer bisa dikatakan pertolongan pertama pada komputer yang terjadi masalah analisa troubleshooting tersebut dan bagaimana cara mengatasinya bisa simak solusi troubleshooting hardware pada pc komputer.

1.                 Komputer Menyala Tapi Tidak Ada Tampilan Di Layar :

     Hal ini sering saya temui ternyata permasalahanya hanya sepele, memory / ram kendor atau kotor kaki-              kakinya  ( yang kuningan ) atau memory mati.
     Cara Mengatasinya :
    -  Lepas lalu pasang kembali 
   -  Bersihkan kaki-kakinya dengan penghapus pensil hingga bersih
    -  Coba ganti dengan yang baru.

2.               Komputer berbunyi TIT 3x pendek/cepat :

 Namun power hidup tapi tdk ada tampilan itu kerusakan pada VGA cardnya, bisa jadi kendor atau kotor kaki-    kakinya atau mati.
 Cara Mengatasinya  :
- Lepas dan tancapkan kembali
- Bersihkan kaki-kakinya yang berwarna kekuningan dengan penghapus pensil
- Ganti dengan yang baru.

3.           Komputer berbunyi TIT...TIT...TIT...TIT...terus dan teratur tidak berhenti sebelum kita matikan :
Kerusakan pada memory card / ram. 
Cara Mengatasinya : 
-  Lakukan hal-hal sama dengan point 1.Jika tidak berhasil mainboard anda yang rusak.

4.            Komputer keluar TULISAN DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER :

Kerusakan pada hardisk anda atau system yang ada dihardisk hilang. Solusi : Pastikan hardisk dikenal didalam sistem BIOS komputer caranya dengan memperhatikan tampilan awal apakah ada IDE / hardisk yang muncul atau tekan del pada saat awal menyala lalu lihat di standard setting apakah hardisk anda muncul tidak disitu. Jika muncul berarti hardisk bagus hanya systemnya/partisinya yang hilang> lakukan instalasi system lagi, jika tidak muncul hardisk anda yang rusak> Ganti dengan yang baru. Atau coba tepuk secara perlahan badan hardisk lalu nyalakan lagi, jika berhasil segera backup data anda.Kenapa di tepuk pelan? sekedar memberi goncangan sedikit di motor hardisk yang macet agar bergerak lagi.

No comments:

Post a Comment